Terakreditasi A
Contact Person: 081-888-2176

Profil Sekolah

Sejarah Singkat SMK Bina Medika

Pendatang baru namun berisi wajah lama, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kehadiran SMK Bina Medika di awal berdirinya tahun 2008.  Berawal dari keprihatinan menyaksikan masih banyaknya siswa lulusan SLTP/MTs yang berminat melanjutkan ke SMK Keperawatan namun tidak tertampung pada sekolah yang ada,  terbesitlah keinginan untuk mendirikan SMK Keperawatan sendiri. Kala itu, ibu Sumartini, S.Kep., MKM yang alumnus Fakultas Ilmu Keperawatan dan Fakultas Kesehatan Masyarakat  Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia ini menjabat sebagai Kepala SMK Keperawatan Kesdam Jaya periode 2005-2008.

Bermodal kegigihan dan pengalaman sebagai kepala sekolah, dibantu oleh tim ahli dari kalangan Sudin Dikmen Jakarta Pusat khususnya Bp H. Drs. Edi Siswoyo, M.M, dipayungi oleh Yayasan Bina Bangsa Srisena yang diketuai oleh Bp. dr. Djoko Kurdo Hutomo, resmilah  berdiri SMK Bina Medika tanggal 1 Mei 2008,  saat itu gedung berlokasi di Jl. Mardani Raya No. 37 Kelurahan Johar Baru Jakarta Pusat. Tanggal 6 Juni 2011, Sudin Dikmen Jakarta Pusat melakukan verifikasi ke SMK Bina Medika, dan keluarlah surat izin prinsip No.3862/-1.851.78 dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tanggal 6 Agustus 2008.  Sejak tahun pelajaran 2008/2009, SMK Bina Medika mengawali KBM dengan jumlah siswa 29 orang, 2 staf tetap dan 23 guru normatif, adaptif dan produktif.

Dengan segala keterbatasan melaksanakan KBM menumpang di sekolah lain, alhamdulillah mulai tahun pelajaran 2010/2011 (angkatan ke-3), SMK Bina Medika menempati gedung sendiri di Jl. As Syafi’iyah No. 121 Kelurahan Cilangkap Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Hingga saat ini,  jumlah siswa seluruhnya 105 orang.  Selama 3 tahun, SMK Bina Medika cukup dikenal masyarakat dengan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang rutin dilaksanakan sebulan sekali. Bahkan pada kegiatan pengobatan gratis bulan Desember 2010, Kasi SMK Sudin Dikmen Jakarta Timur Bp. H. Hadi Waulat, SH dan Pengawas Sekolah Bp. DR. Wannen Pakpahan,MM berkenan hadir membuka acara.

Sejak awal berdiri, SMK Bina Medika menjalin kerjasama dengan RS. Ridwan Meuraksa, RS. Kesdam Cijantung, Rumkitdik Pusdikkes Kodiklat TNI AD, dan RS Jati Rahayu. Di rumah sakit inilah siswa melakukan praktik keperawatan. Pada 30 Desember 2010, setelah lolos verifikasi, sekolah mendapatkan surat izin operasional No. 1824/2010 dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Menyusul verifikasi kelayakan melaksanakan Ujian Produktif Keperawatan oleh Pusdiklatnakes Kementrian Kesehatan RI pada 2 Februari 2011 dengan hasil SMK Bina Medika dinyatakan layak melaksanakan UPK tahun 2011. Pada tahun ini pula, angkatan pertama melaksanakan Ujian Nasional dan  alhamdulillah lulus 100% . Hingga saat ini telah meluluskan lima angkatan dengan kelulusan 100% sebanyak 253 lulusan SDM Kesehatan yang tersebar di beberapa rumah sakit, klinik, perusahaan alat kesehatan, TNI AD, kepolisian, melanjutkan pendidikan ke PTN (UNS, Poltekkes Kemenkes RI) dan PTS (Stikes/Akper/Akbid) dalam dan luar negeri.

Tahun ini SMK Bina Medika sudah melaksanakan UN Basis Komputer dan alhamdulillah berjalan lancar. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan, sekolah terus berbenah. Kini, SMK Bina Medika sedang bersiap menghadapi akreditasi sekolah kedua yang akan dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Provinsi-SM DKI Jakarta pada tahun pelajaran 2016/2017, setelah mendapatkan nilai B untuk akreditasi yang pertama tahun 2011, kemudian nilai A untuk akreditasi yang kedua pada tahun 2016. Maju terus SMK Bina Medika, semoga selalu dicintai masyarakat dan kehadiranmu memberi berkah bagi semua.